; 𝐀𝐥𝐥𝐞𝐧'𝐬 𝐀𝐝𝐯𝐞𝐧𝐭𝐮𝐫𝐞: Kekebalan tubuh menurun saat setelah selesai latihan berat

Cari Blog Ini

Senin, 30 April 2012

Kekebalan tubuh menurun saat setelah selesai latihan berat


Tidak bisa dipungkiri, kekebalan tubuh akan menurun drastis saat selesai latihan berat, apalagi setelah masa Sharpening "Peak period" menuju ke "Race period", bagi yang memiliki kekebalan tubuh yang rapuh seperti "saya", ini akan menjadi momok yang menakutkan, bayangkan setiap menjelang event race, persiapan sudah mantap, kondisi tubuh tiba tiba drop, padahal supplement dan pola makan sudah dijaga (beda ya dengan Overtraining, ini penurunan kekebalan tubuh yang bersifat sementara).

Kondisi alam yang tidak menentu adalah salah satu penyebab menurunnya kekebalan tubuh, kadang cuaca sangat  panas, tiba tiba cuaca berkabut, mendung, perubahan pola cuaca (temperature, curah hujan, kenaikan muka air laut dan peningkatan frekuensi cuaca ekstrim) hal ini dapat mengancam kesehatan manusia.

Perubahan iklim akibat ulah manusia secara signifikan telah memperbesar potensi terjadinya gelombang panas, yang mengakibatkan serangan panas (heat stroke), kardiovaskuler dan gangguan pernafasan; faktor ini erat hubungannya dengan saat kita berlatih sepeda.
Hindari latihan saat siang atau sore hari, dikarenakan kondisi udara yang tercemar, seandainya diharuskan latihan lah di indoor.



Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman pengalaman selama mengikuti "event race" yang kadang selalu diikuti dengan menurunnya kondisi kekebalan tubuh yang mengakibatkan tidak optimal (best performance) saat lomba, berhati hatilah menjaga pola makan dan istirahat cukup saat memasuki masa "Taper".

Saya akan membahas cara cepat / singkat jika seandainya anda mengalami masalah yang sama seperti saya saat akan mengikuti lomba / race, penyakit yang pada umumnya menyerang saat kondisi tubuh drop misal radang tenggorokan, batuk, flu yg disertai nyeri sendi dan demam, anda membutuhkan waktu 3 hari untuk sembuh dan 2 hari untuk kembali seperti kondisi semula, jadi total adalah 5 hari untuk Recovery dan siap mengikuti lomba (tergantung kondisi tubuh masing masing, mestinya 3 hari akan sembuh).

Saya sangat tidak menganjurkan dengan pemakaian obat Antibiotik, kalaupun dalam waktu 3 hari bisa sembuh dengan obat antibiotik, anda tidak akan bisa mengikuti lomba dengan maximal, lebih baik batal mengikuti lomba tersebut, anda pasti akan terpuruk dan suffer, setelah anda minum obat antibiotik, perlu waktu 1,5 bulan untuk mengembalikan kondisi tubuh seperti sedia kala.
Setelah anda mengetahui kondisi badan yang agak berbeda dengan biasanya, mulai sakit di tenggorokan atau mulai flu ringan disertai sedikit demam, segeralah mengambil tindakan berikut ini :

1. Istirahat total, alias 100% di ranjang, jangan melakukan kegiatan apapun juga (nonton, baca buku), keluar dari ruangan tidur hanya sebatas mau ke toilet. Anda membutuhkan tidur minimal 8.5 jam. Selama 2 hari istirahat, cobalah makan makanan yang lembut, misal bubur yang dimasak dengan daging ikan atau daging sapi di tim dengan bebagai macam sayuran tanpa minyak, usahakan makan dengan porsi yang banyak.



2. Cobalah dengan Propolis, ini pengobatan alternatif luar biasa dan cepat tanpa merusak sel tubuh lainnya, Propolis bukan obat,


Asal Kata Propolis
Propolis berasal dari kata Yunani. Pro = sebelum, Polis = Kota. Jadi arti bebas dari kata Propolis adalah Sistem Pertahanan Kota.

Proses terjadinya Propolis 
Dikumpulkan oleh lebah dari getah dan daun-daun muda terutama daun poplar, lalu dicampurkan dengan air liurnya. Propolis digunakan oleh lebah untuk menambal sarang lebah dan juga mensterilisasi sarang lebah dari serangan virus, bakteri dan jamur

Kandungan Propolis 
Bioflavonoids : memulihkan sistem kapilari serta memperbaiki kerapuhan dan kebocoran saluran darah ( kandungan Bioflavonoid pada 1 tetes propolis setara dengan bioflavonoid yang dihasilkan dari 500 buah jeruk). 
* Protein ( 16 jenis asam amino ). 
* Vitamin Lengkap 
(semua vitamin sudah terkandung di dalam nya, kecuali vitamin K) 
* Mineral Lengkap ( semua mineral sudah terkandung di dalam Propolis, kecuali Sulfur ) 

Kandungan Bioflavonoids ada di buah buahan berwarna gelap menyala, kandungan bioflavonoid 500 buah jeruk setara dengan 1 tetes propolis 150mg murni


Kegunaan Propolis

1. Anti virus dan anti bakteri
2. Anti parasit- aktif dalam melawan Giardia sp. Dan Trichomonas sp.
3. Anti peradangan-menyembuhkan dan regenerasi
4. Anti oksidant- aktif mencegah penuaan dini
5. Anti tumor dan perlindungan terhadap radiasi
6. Meningkatkan imunitas tubuh- menstimulir produksi anti bodi

Ukuran dosis yang saya pakai untuk mempercepat penyembuhan adalah 6ml dengan kandungan propolis murni 150mg dikonsumsi selama 2 hari, mau merek apapun nggak masalah, yang penting merek tersebut jelas dan bisa dipercaya. Anda bisa search di internet untuk mendapatkan info detail mengenai Propolis. Saya lebih menganjurkan dalam bentuk cair.

3. Cobalah konsumsi Asam bangkok, (hanya jenis ini, diluar asam bangkok tidak disaranin) bisa beli dalam bentuk kemasan di toko toko buah.

Berfungsi untuk memperlancar BAB, biasanya selama sakit, kita agak susah BAB, cobalah dengan alternatif Asam bangkok dijamin langsung BAB (buah pepaya masih kalah cepat), kandungan Vit C nya bisa membantu recovery otot.



4. Boasting performance dengan Testosterone Therapy, bisa dengan ramuan herbal seperti Maca Root, Tongkat Ali, Muira Puama atau beli yang sudah jadi seperti merek Magnum Thrust, jika radang tenggorokan dan flu belum kunjung sembuh, saya merekomendasi boasting Testosterone Therapy lebih efektif dari pada harus mengkonsumsi obat antibiotik, sudah saya buktikan sendiri.




Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar