; ๐€๐ฅ๐ฅ๐ž๐ง'๐ฌ ๐€๐๐ฏ๐ž๐ง๐ญ๐ฎ๐ซ๐ž: Sepeda Balap Cervelo R5 2011

Cari Blog Ini

Rabu, 25 April 2012

Sepeda Balap Cervelo R5 2011

           Gerard Vroomen and Phil White


Bulan Mei 2011, Cervelo Corp, kepemilikan sudah berpindah tangan ke perusahaan asal Belanda, Royal Dutch Gazelle, founded 1892 by Willem Kรถlling and Rudolf Arentsen, salah satu manufacturing sepeda terbesar di Belanda owners of Raleigh Bicycle Company, Univega, and Focus Bikes.

The ultimate lightweight frame


The R5 is one of the lightest frames in the world. Lighter than the R3 Team, its impressive test scores are achieved because Cervรฉlo maintains stiffness and strength standards for even its lightest frames. The R5 achieves this by using the technologies developed at the Project California, and mates then with highly complex lay-ups to further save weight and add stiffness.



Experience:


1. Low weight to help your climbing.


2. Torsional stiffness for safety and confidence while descending.


3. BB stiffness to not waste any energy.


4. Vertical compliance and vibration damping for comfort on long rides & bad roads.



MAIN TECHNOLOGIES



- Squoval™



- Smartwall™ for Carbon



- BBright™



- Cervรฉlo Optimized 1 3/8" tapered Steerer Tube



- Single bend cable routing



- Ultra-thin seat stays



Review pribadi: Setelah memakai sepeda ini hampir setahun, saya ingin berbagi pengalaman mengenai sepeda ini, Cervelo seri R5 ada 3 tipe yang beredar di Indonesia:
  • Cervelo R5 keluaran tahun 2011, dengan list warna Hijau dan warna Kuning , berat frame 825gram.

  • Cervelo R5 VWD keluaran tahun 2012 dengan list warna Abu abu atau Biru batik, berat frame 740gram, sudah memakai teknologi Second Generation Squoval (lebih ringan dan stiff)


  • Cervelo R5ca, dengan warna dove karbon, berat 648gram, ini adalah Top off the line nya seri R5, teringan, stiff dan dikhususkan buat tanjakan.

Perlu untuk anda ketahui, selain tipe R5ca, R5 2011 atau R5 VWD peruntukannya lebih ke medan All Rounder, beberapa orang beranggapan sepeda ini lebih cocok buat Tanjakan tetapi sebenarnya sepeda ini, sekali lagi lebih ke "All Rounder" (semua medan), sepeda ini dirancang untuk kenyamanan, empuk, tidak terlalu keras, memang tidak dipungkiri, saat di tanjakan akan berasa lebih ringan.

Saya pernah mecoba melakukan sprint di grade tanjakan sekitar 10%, menurut pendapat saya sangat tidak nyaman, terlalu "lembek", saat melakukan attack di tanjakan, selain ringan, anda butuh sepeda yang stiff, serasa berbeda sekali jika anda mencoba R5ca, R5ca memang dirancang buat medan tanjakan, ringan dan stiff, jadi ringan bukan komponen yang utama, "Stiff" adalah salah satu bagian yang terpenting juga buat di medan tanjakan.

Record teringan untuk Cervelo R5ca adalah 3.98kg full bike, tentunya komponen part adalah komponen pilihan.

Sepeda jenis R5 sangat cocok dipakai buat touring jarak jauh, kondisi jalan yang berlubang tidak menjadi masalah bagi sepeda ini, nyaman, ringan dan empuk di jalanan berlubang, semua getaran terserap oleh frame.

Bagaimana dengan trek jalanan datar? hmmm....untuk akselerasi agak kurang, begitu juga untuk mencapai top speed, diatas speed 38km agak kempos, terlalu "lembek"/ flex, sekali lagi sepeda ini dirancang buat "All Rounder" kenyamanan yang diutamakan, jadi sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar