; 𝐀𝐥𝐥𝐞𝐧'𝐬 𝐀𝐝𝐯𝐞𝐧𝐭𝐮𝐫𝐞: Sepeda Balap dengan material Steel Cromolly.

Cari Blog Ini

Selasa, 12 Maret 2019

Sepeda Balap dengan material Steel Cromolly.

Condor Acciaio
 

Battaglin Portofino

Bertemu lagi dalam artikel sepeda balap dengan material steel cromolly, setiap saya mencoba test drive sepeda baru selalu ada saja  sesuatu "feel" yang baru, baik dari segi kenyamanan dan performance. 

Beberapa pabrikan (Italia, England, Jepang, Taiwan) memodifikasi campuran baja dengan bahan lain supaya lebih ringan dan kuat, tidak gampang berkarat. Begitu juga dengan trend sepeda Vintage - Klasik / Modern tubing mulai menjamur dan sepeda sepeda Vintage - Klasik / Modern tubing tetap memakai Steel sebagai bahan utama untuk frame.
Sebelum saya membahas produk produk brand steel roadbike, alangkah lebih baik kita melihat perusahaan pembuat tubing steel cromolly terlebih dahulu, saya tidak akan membahas secara detail, hanya garis besar saja.

Jadi kalo disimpulkan sekarang ini, di dunia sepeda material tubing steel crommoly itu diproduksi oleh 4 perusahaan besar yaitu :

1. Colombus dari Italia: SL, SLX, TSX, EL, Genius, Nemo, XCR, Life, Spirit, dll

2. Reynolds dari England : 531, 631,753, 853, 953, dll

3. Kaisei dari Jepang : 019, 022, 8630, dll

4. Tange dari Taiwan (dulu produksi di Jepang): Prestige, Ultimate, Superlite, dll


Tubing Reynolds 953 - Stainless Steel diklaim paling stiff dan banyak dipakai di forknya Moulton seri yg paling mahal.



Moulton NS Double Pylon
 

Sedangkan untuk kenyamanan, tubing produksi Kaisei diklaim lebih soft merendam getaran, frame Moulton- batang kecil menyilang memakai tubing Kaisei.

 


Cherubim Racer  - Original Mix(Reynolds631 + Kaisei)

 

 Tubes:Cherubim Original Mix(Kaisei, Reynolds, Columbus, Dedacciai)



Perubahan jaman dan teknologi yang semakin maju membuat karakter sepeda balap semakin nyaman dikayuh, setiap ganti sepeda baru, saya selalu merasakan ada peningkatan performance dan kenyamanan, salah satu contoh yang saya miliki sekarang ini adalah sepeda steel roadbike merek Battaglin Power+ dengan material tubing produksi Columbus Spirit HSS - Triple butted steel tubes (Columbus Niobium).



 



HSS meaning they are hydroformed - oversized and give to the downtube of the POWER+ this particular shape, inilah trend steel roadbike terbaru dengan tubing modern, berbeda dengan steel roadbike lainnya dengan tubing klasik (ukuran tubing kecil), steel roadbike klasik nyaman digowes untuk endurance tapi jika dipakai untuk bermain speed akan terasa sedikit "mengayun" - transfer power tidak maximal. 

Klasik roadbike dengan tubing Columbus SLX 
Tommasini Tecno

Tommasini X-Fire - Columbus XCR


Columbus SLX with Columbus XCR stainless
 Condor Classico Stainless  
 
 

Untuk steel roadbike modern tubing sudah tidak ada perbedaan dengan roadbike material carbon, apabila di dibandingkan dengan kualitas carbon yg bukan hi modulus, saya tetap menjagokan steel tubing (columbus spirit), stiff, rock solid, nyaman dan rasa steel memberikan sensasi tersendiri khusus nya saat melewati jalan keriting / corn-block, dimana material steel ini lebih cepat menyerap dan melepaskan energi benturan, jadi badan kita akan merasakan lebih nyaman jika dipakai gowes jarak jauh.

 Test ride Battaglin Power+ di KM0 Sentul
 
 

Untuk berat Battaglin Power+ berkisar di 8.04kg dengan spesifikasi : Groupset Shimano Ultegra R8000, Seatpost, handlebar, stem Enve, Wheelset Xentis 2.5  Squard race carbon, Sadel San marco Aspide steel dan pedal Look Keo Blade.

Kualitas sepeda balap modern steel tubing ini mirip dengan kualitas sepeda balap dengan material carbon T1000 yang sekarang saya pakai (Battaglin Altair) , ringan, Stiff tapi nyaman, anti karat. Geometri sepeda balap modern tubing juga memakai headtube "oversize - tapered", headtube besar dan panjang, berbeda dengan sepeda balap steel model klasik, size headtube nya kecil, jika dipakai bermain speed akan berasa diayun / meleot. 

Modern Tubing - Condor - Columbus XCR




Jadi bisa saya simpulkan, untuk sekarang ini Anda bisa memilih sepeda balap dengan material Steel Cromolly :
 

1. Klasik Tubing : Kenyamanan, kolektor item

2. Modern Tubing : Performance, kenyamanan, ringan



Klasik Tubing



Modern Tubing

 




Semoga bermanfaat ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar