; ๐€๐ฅ๐ฅ๐ž๐ง'๐ฌ ๐€๐๐ฏ๐ž๐ง๐ญ๐ฎ๐ซ๐ž: Factor Ostro VAM - Superlight Aero Race Bike

Cari Blog Ini

Selasa, 09 November 2021

Factor Ostro VAM - Superlight Aero Race Bike

    Flicker - Dark Blue

    Sicilian Peach

    Soho Mix

     Racing Green
Brand Factor "Ostro" diambil dari nama salah satu delapan angin utama di laut Mediterania.
Ostro adalah angin selatan yang bertiup ke Cote d'Azur ( Cรดte d'Azur merupakan bagian dari pantai Mediterania Prancis), setelah bertiup melewati Nice tempat start event Tour de France 2020 dimana aerodinamis menjadi bagian yang vital untuk melawan "crosswind", respon terhadap rute berbukit dan turunan extreme, Factor Ostro VAM adalah solusi nya.

Seri Factor terbaru selalu ada tambahan tulisan VAM = lebih stiff /rigid tapi comfort.

Apa artinya VAM ? VAM adalah singkatan untuk istilah Italia Velocitร  Ascensionale Media, yang diterjemahkan dalam bahasa Inggris berarti "Average Ascent Speed" - "Kecepatan Pendakian Rata-Rata".

Hal ini juga disebut dengan backronym bahasa Inggris "Vertical Ascent in Meters" - "Pendakian Vertikal dalam Meter".

Istilah ini yang diciptakan oleh dokter dan pelatih sepeda Italia Michele Ferrari, adalah kecepatan kenaikan ketinggian, biasanya dinyatakan dalam satuan meter per jam.

Pertengahan November 2021, daya pikat roadbike Factor Ostro VAM menyita perhatianku, lekuk body gagah terkesan agresif saat digenjot, akhirnya saya memutuskan untuk membeli merek ini dengan 7 pertimbangan, antara lain :


1. Factor Ostro VAM : Sepeda balap Aero all rounded, bisa bermain di 2 rute : Flat dan Hilly, lokasi tempat saya gowes terdekat adalah di Mozia Loops BSD Serpong dengan gradiant 0% flat, berangin dan sesekali di akhir pekan lanjut gowes uphill di kawasan Sentul Bogor dengan average gardiant 6%-22%.

Untuk rute flat tidak perlu diragukan performa Ostro, bentuk Folk bagian depan begitu besar dan lebar seperti Folk sepeda TT pada umumnya, cockpit depan begitu "pakem" / posisi bahu seperti terkunci - tidak liar saat di speed 42km - 45km saat test ride dengan jarak tempuh 53km.


Dengan handlebar stem integrated keluaran Black Inc rigid dan stiff - sering dijumpai handlebar stem integrated yang kadang meleot saat sprint dan yang saya suka dari handlebar black Inc ini adalah bagian tengah; enak dipegang saat nanjak, bentuk nya kecil sesuai tangan orang asia, pegangan handlebar bagian tengah di brand lain kebanyakan lebar dan tebal, cengkraman telapak tangan kadang kurang menggigit.

Folk depan lebar dan besar ukuran nya

Handlebar Stem Integrated Aero Black Inc 

2. Seat Stay / Folk belakang kecil dan tipis - Ultra Thin Seat Stay, ukuran nya sama dengan seat stay nya Cervelo R5 (sebelumnya di tahun 2011 pernah memiliki R5 dan menurut gua R5 the best climbing bike saat itu), ukuran seat stay yang "ultra thin" menjadikan bagian belakang "comfort" nyaman - tidak kaku, artinya saat digenjot di tanjakan atau jalanan cobble stone / bata bata / jalanan kasar sangat nyaman apalagi kalo dipersenjatai dengan ban ukuran 28/32 - Factor Ostro dipakai team Israel Start Nation di event Paris Roubaix.



Mengapa di event race Paris Roubaix dibutuhkan sepeda dengan shape aero? tujuan nya adalah save watt sebesar mungkin - efisien karena di lap terakhir nya adalah adu sprint di velodrome.
Average speed pembalap di event Paris Roubaix adalah 45km dengan jarak tempuh 260km, karakter sepeda yang terlalu kaku juga akan menyebabkan cepat lelah, butuh kombinasi stiff dan comfort yang seimbang, disinilah seat stay belakang Ostro berperan.

Menurut saya, geometri Ostro adalah hasil kreasi dari Graham Shrive - Direktur Engineering Factor Bike yang sebelumnya menjabat sebagai Head Engineering di Cervelo Bike.
                          Graham Shrive
          Direktur Engineering Factor Bikes

3. Aerodynamics Shape, dari dulu saya paling suka bentuk tubing sepeda aero, terkesan gagah dan agresif, setiap elemen rangka OSTRO dioptimalkan untuk aerodinamika, bentuk garpu folk depan menggunakan konsep "Reversing Flow Energising Channel" - Flow sejalan dengan aliran udara.
Konsep design aero shape rangka menggunakan design NACA - National Advisory Committee On Aeronautics, perlu diketahui NACA adalah "Godfathers Aero".

                Factor Ostro Wind Tunnel

Satuan untuk hambatan angin dinyatakan sebagai CdA - abbreviation for the coefficient of aerodynamic drag.
Sebagian besar energi yang kita salurkan ke pedal digunakan untuk mengatasi hambatan udara, saat Anda melaju lebih cepat, Anda tidak hanya 'menabrak' molekul udara dengan keras tetapi Anda juga harus mendorong lebih banyak setiap detiknya.

Saat anda berada di atas kecepatan 36km di rute flat dengan berat 68kg (plus equipment) output power yang dikeluarkan sekitar 200watt, dari 200watt ini, 170watt dipakai untuk mengatasi hambatan angin, sisa nya (30) untuk rolling resistance ( tire to road friction), pengurangan 1% dalam CdA setara dengan peningkatan daya sebesar 1%.

Dengan peralatan dan perlengkapan komponen sepeda yang aerodinamis dapat mengurangi CdA maximal sebesar 5% namun rider masih harus fokus dengan posisi badan di atas sadel sepeda sebesar 70%-80% drag, pemborosan output power jika posisi anatomi badan diatas sepeda tidak dioptimalkan secara aerodinamis.

Aerodinamis, Power Output, Kenyamanan menjadi 3 pilar keseimbangan sempurna dalam hal mengejar "Speed" yang optimal.


4. Lightweight All Rounded Aero Bike - Factor Ostro termasuk sepeda Aero dengan bobot yang lumayan ringan dan rigid, dengan carbon layup kombinasi TeXtreme®, Toray®, Nippon Graphite Pitch-Based Fiber, untuk frame disc brake size 54 di 780gram, Ostro bukanlah climbing bike ya, tapi all rounded aerobike.
Kisaran dengan memakai groupset Sram Force AXS 12 speed- Wheelset Black Inc 30 di bobot 7.45kg, dengan Ultegra R8070 Di2 bisa berkurang 190gram (Ultegra R8070 Di2 lebih ringan dari Sram Force AXS 12 speed) atau Sram Red AXS bisa berkurang 295gram.



5. Arsitektur T47 threaded bottom bracket, buat saya ini sangat penting sekali saat pedalling, smooth seperti yang saya rasakan saat gowes dengan Trek Emonda SLR 2021, Trek dan Factor memakai konsep BB yang sama yaitu T47, selain lebih smooth, maintenance bongkar pasang yang lebih gampang khusus nya saat melakukan pelumasan bearing periodik.

6. Bisa untuk rute Uphill, walaupun tidak seoptimal seperti Factor O2 VAM (climbing bike), dengan gradiant tidak lebih dari 14%, Ostro VAM masih bisa dipacu dengan speed tinggi dan tingkat kenyamanan optimal.
Pembalap dari team Israel Start Up Nation seperti Chris Froome , Michael Woods dan Daniel Martin, mengendarai Factor Ostro VAM di event world tour : Tour de France dan Giro Italy yang dominan dengan rute uphill.
Sekali lagi, Factor Ostro VAM bukanlah Climbing Bike tapi All Rounded Aerobike, untuk seri climbing bike nya Factor adalah Factor O2 VAM.

7. Tambahan bonus lengkap, seperti Bearing Headset, BB memakai Ceramic Speed, free bartape Factor,dll.

Kombinasi wheelset yang disarankan Factor adalah Black Inc Forty Five - 45, foto dibawah menggunakan Black Inc Thirty - 30.

                 Black Inc Thirty

               Black Inc Forty Five
Specifications:

Application: Road
Wheel Size: 28"
Size: 49 cm, 52 cm, 54 cm, 56 cm, 58 cm
Frame Material: carbon
Fork Material: carbon

Technical Information - Frame:

Wheel Standard: 12 x 142 mm (standard)
Axle Type: 12 mm thru-axle
Headset: IS41/28.6 - IS49/37(36 ) (top to bottom)
Bottom Bracket Standard: T47
Shell Width: 77 mm
Chainline: 46.5 mm
Cable Routing: internal electrical
Bottle Cage Mounts: 2

Technical Information - Fork:

Steerer Tube: 1 1/8" - 1 3/8" tapered
Wheel Standard: 12 x 100 mm (standard)Axle Type: 12 mm thru-axle
Brake Mount: flat mount
Offset: 43 mm, 48 mm, 53 mm
Ground Trail: 57.1 mm, 57.3 mm, 57.5 mm
Axle to Crown: 363 mm
Over Locknut Dimension: 100 mm
Steerer Tube Material: carbon
Crown Material: carbon
Blade Material: carbon
Dropout Material: carbon
Drop Handlebars: 125 mm
Reach Handlebars: 80 mm
Material Integrated Stem/Handlebars: carbon

Contents:

- 1 x Factor OSTRO V.A.M. Frame
- 1 x Factor OSTRO fork
- 1 x Factor OSTRO seatpost
- 1 x CeramicSpeed 110 headset
- 1 x CeramicSpeed T47A bottom bracket
- 1 x Black Inc V.A.M. handlebar stem unit
- 1 x Factor/Black Inc. mount for training computer
- 1 x pair handlebar tape

        Factor Bikes  : Official Bike Team ISN

                      TT Bike : Factor Hanzo

Semoga Bermanfaat.





2 komentar:

  1. Kereeen banget review dan sharingnya.

    sangat mengedukatif sekali allen๐Ÿ‘๐Ÿป๐Ÿ‘๐Ÿป๐Ÿ‘๐Ÿป


    Dicky SCT

    BalasHapus