Saat ini saya akan membahas sedikit penggunaan pelumas / grease khususnya pelumas untuk bearing (di wheelset, Bottom Bracket, headset) yang tepat sasaran khusus nya di dunia sepeda balap.
Seperti yang kita ketahui begitu banyak merek pelumas di pasaran khususnya market sepeda balap yang semakin berkembang. Pengetahuan mengenai pelumas untuk bearing steel dan ceramic masih sangat terbatas dari segi penggunaan khususnya untuk para hobies, kadang dipukul rata, satu pelumas / grease untuk semua jenis bearing, nah ini akan berakibat kurang optimal dan jangka hidup yang pendek.
Maintenance Hub Chris King R45
Pada dasarnya fungsi bearing di wheelset yaitu untuk menjaga supaya poros ban atau as roda tidak langsung bergesekan dengan roda. Komponen ini didesain minim friksi, sehingga sewaktu roda berputar dapat terjaga stabil
Maintenance Hub Chris King R45 & Carbon Profile Enve
Penggunaan pelumas / graese untuk bearing steel dan bearing ceramic memiliki spesifikasi berbeda, pada umumnya beberapa "mekanik" kadang memberikan pelumas / grease peruntukannya tidak tepat, yang sering terjadi adalah memberikan pelumas / grease ceramic untuk bearing steel karena dianggap kualitas grease ceramic lebih bagus.
Seperti yang kita ketahui bearing steel jika dipacu dengan kecepatan dan intensitas tinggi dengan jarak jauh akan mengakibatkan temperatur suhu panas dan menghasilkan medan magnet, nah disini dibutuhkan grease khusus yang mampu menangani itu semua, daya leleh yang rendah, kuat terhadap panas dan memiliki kekentalan pelumas yang lebih tinggi dibandingkan graese untuk ceramic bearing.
Dikarenakan fungsinya yang sangat krusial, bearing ini memerlukan perawatan yang baik. Salah satu bentuk perawatan bearing yaitu lubrikasi atau pelumasan.
Berikut ini fungsi dari pelumasan pada bearing:
• Membentuk lapisan film lubrikasi di antara dua bidang kontak, sehingga bisa membantu menahan beban kerja dan juga mencegah keausan serta kerusakan prematur.
• Menghindari suara bising.
• Menyerap panas yang timbul.
• Mencegah kontaminasi kotoran-kotoran yang berasal dari luar.
• Sebagai sistem sealing tambahan.
• Mencegah korosi pada bearing.
Terlebih apabila sedang musim hujan, pelumas tersebut berfungsi untuk mencegah rembesan air hujan supaya tidak masuk ke celah-celah pelor yang mana bisa menyebabkan karat.
Selain itu, supaya bearing awet maka jangan menghantam jalanan rusak ataupun berlubang. Ada atau tidaknya kerusakan bearing pada sepeda kita bisa diketahui dengan mudah yaitu biasanya pergerakan putaran wheelset / BB terasa tidak stabil dikarenakan pelor-pelor yang ada di dalamnya sudah longgar dan tidak lagi presisi.
Berbeda dengan bearing ceramic yang memiliki keunggulan tahan terhadap panas dan medan magnet, tentu nya harus memakai pelumas khusus untuk bearing ceramic.
Masing masing bearing baik yang steel maupun ceramic memiliki plus dan minus, yang terpenting adalah pemakaian grease yang tepat sasaran.
Semoga bermanfaat...
Bagaimana jika jenis bearing yang dibutuhkan tidak tersedia, bagaimana mencari persamaan dari bearing tersebut?
BalasHapusThanks