; 𝐀𝐥𝐥𝐞𝐧'𝐬 𝐀𝐝𝐯𝐞𝐧𝐭𝐮𝐫𝐞: Hal yang perlu anda ketahui mengenai Retak / Patah Tulang saat bersepeda

Cari Blog Ini

Senin, 04 Juni 2012

Hal yang perlu anda ketahui mengenai Retak / Patah Tulang saat bersepeda


Sepandai pandainya tupai melompat, suatu hari akan jatuh juga, kali ini kita akan membahas sedikit mengenai "Retak Tulang/ Patah Tulang" dan ini sangat berhubungan erat kaitannya dengan olah raga bersepeda, lebih baik kita sedikit "mengetahui" daripada tidak tahu sama sekali, musibah seperti ini akan terjadi di cabang olah raga manapun juga, sebagai manusia saya rasa hal itu normal terjadi dan kita harus siap hadapi dengan meminimalkan seminim mungkin kecelakaan tersebut, di luar negri ada pelatihan dan penanganan jatuh dari sepeda saat race atau latihan dan itu menjadi satu paket dari program latihan.


Sebagai hobbies, kadang ketidak hati-hatian memicu kita untuk melakukan tindakan di luar kewajaran, misal saat mengejar speed, demi harga diri, kita akan berupaya untuk menjadi yang terdepan atau demi memenangkan perlombaan atau bisa juga karena kelelahan fisik dipaksa terus gowes.

Sebagai seorang "extreme hobby" di dunia sepeda, saya pernah mengalami retak tulang / fraktur di sekitar pergelangan tangan kanan kiri (retak satu putaran di pergelangan tangan), akibat ketidak-mengertian mengenai pertolongan pertama saat kecelakaan, saat setelah jatuh saya melakukan tindakan pertama adalah "di Urut", ini kesalahan paling fatal, sampai sekarang tulang sekitar pergelangan tangan agak bengkok, tindakan awal yang disarankan adalah Rontgen, tujuannya untuk mengetahui kondisi tulang, apakah retak/patah atau hanya terkilir, seandainya terkilir cukup diurut tapi seandainya retak atau patah, wah resikonya akan semakin fatal jika diurut, padahal, pijat yang menekan saraf dan otot di sekitar tulang yang patah/retak rawan menimbulkan perdarahan di bawah kulit. Jika tejadi perdarahan, secara otomatis saraf dan otot membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh, segeralah ke Dokter Orthopaedi dan Traumatologi

Lance Armstrong

 Kecelakaan 29 Mei 2009, ada sekitar 11 sekrup dibautin ke tulang bahu

Bradley Wiggins


 Frank Schleck

Penulis sendiri mengalami retak pergelangan tangan

 Posisi tulang pergelangan tangan yang retak sedang di gips

Bukan hanya hobby saja yang bisa mengalami  patah /retak tulang, beberapa pembalap professional juga mengalami kasus yang sama bahkan lebih parah....

Cuplikan singkat mengenai Patah /Retak Tulang, 

PATAH tulang, termasuk Keretakan tulang, secara alami bisa menyambung sendiri. Penanganan yang tepat sejak terjadi trauma mempercepat proses penyambungan tulang.

Beberapa faktor yang memengaruhi kecepatan tulang menyambung, yakni meliputi lokasi patah tulang, usia, dan ada-tidaknya penyakit yang mengikuti. “Penyembuhan patah tulang (fraktur) yang berlokasi di ekstremitas superior (lengan, tangan) lebih cepat daripada tulang-tulang ekstremitas inferior (tungkai, kaki), sebab tulang ekstremitas superior memiliki fungsi mengangkat beban, makan, dan minum. Sedangkan tulang tungkai dan kaki memiliki beban lebih berat. Itu sesuai dengan fungsinya sebagai penopang berat badan.

Untuk mengembalikan kekuatan tulang tungkai dan kaki, dibutuhkan waktu lebih lama, ditilik dari faktor usia, semakin muda saat patah tulang terjadi, semakin cepat proses penyembuhannya. Hal tersebut terkait dengan kemampuan regenerasi sel pada usia muda yang lebih baik.

Saya sendiri mengalami 2x patah tulang di pergelangan tangan, pergelangan tangan kiri retak dan pergelangan tangan kanan patah, sebagai contoh kasus pergelangan tangan kanan yg retak pada tanggal 1 Maret 2013 dan tanggal 1 April saya sudah bisa mulai latihan gowes, di bulan Juni sudah siap ikut lomba dan kondisi tangan 100% pulih, butuh kurang lebih 2 -3 bulan.
Untuk mempercepat proses pemulihan, saya mengkonsumsi Kalsium 600mg dan Salmon oil 1500mg setiap hari (kalsium untuk pemulihan tulang, salmon oil untuk pemulihan otot dan sendi).

Jika ada penyakit yang mengikuti kejadian patah tulang. Proses penyembuhannya lebih lama. Ada beberapa penyakit penghambat pemulihan tulang. Di antaranya, kanker tulang, Paget’s disease, dan infeksi tulang. “Infeksi terbanyak adalah osteomyelitis. Infeksi jenis ini terjadi pada patah tulang terbuka yang mengakibatkan kuman dari luar bisa masuk ke jaringan di sekitar lokasi patah tulang.


Jika tak ada factor penghambat, tulang dapat tersambung secara sempurna. Begitu pula kekuatannya. Tulang mungkin saja tak tersambung secara sempurna (mal union). Pada kondisi itu, kekuatan tulang yang sudah tersambung berkurang. Pada kasus mal union berat, sambungan tulang membentuk sudut yang mengakibatkan tonjolan di kulit. “Otot di sekitar tulang yang membentuk sudut menjadi tidak seimbang sehingga memunculkan rasa ngilu saat otot beraktifitas,“. Kekuatan tulang menjadi tak seimbang. Sebab, di perlekatan otot yang menempel pada tulang bersudut itu, ada yang kencang dan ada yang kendur.

Kasus lain yang berdampak nyeri pada tulang yang petah adalah non union (tulang gagal tersambung) dan delayed union (tulang terlambat menyambung). Kondisi itu mungkin berkaitan dengan kurangnya nutrisi pada jaringan pembentuk tulang. Normalnya, patah tulang pada bayi akan tersambung selama 15-30 hari. Anak-anak membutuhkan waktu 1-2 bulan, dan dewasa 2-3 bulan.

Kerusakan tersebut sering diperparah dengan pemijatan saat patah tulang. Padahal, pijat yang menekan saraf dan otot di sekita tulang yang patah rawan menimbulkan perdarahan di bawah kulit. “Jika tejadi perdarahan, secara otomatis saraf dan otot membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh,” nutrisi untuk pembentukan tulang tertunda karena otot dan saraf harus menyembuhkan diri dulu.

Semoga bermanfaat.

6 komentar:

  1. sharingnya bermanfaat mas, terima kasih. kebetulan saya mengalami patah di pergelangan tangan kanan, dan baru operasi pemsangan sebulan pasca kejadian setalah dokter yang merontgen pertama salah diagnosa meyatakan hanya kejang otot. tangan saya tidak bisa dibalik telapak tangannya dan susah untuk mengepal dan menekuk. yang ingin saya tanyakan, apakah dpt pulih kembali. trim`s mas atas shringnya

    BalasHapus
  2. Pasti bisa...butuh waktu pemulihan...semoga cepat pulih kembali....

    BalasHapus
  3. Mas makasih infonya..tapi saya ad pertanyaan mas..
    Sekitar setahun setengahan yg lalu saya pernah jatuh dan sempat bengkak d bagian bawah siku2..tak lama setelah jatuh langsung d urut tapi memang tukang urutnya sperti yang kurang ahli mas..
    Beberapa bulan setelah jatuh sampai sekarang kalau terkena dingin terasa ngilu d bagian tulangny..saya belum ad kesempatan buat rontgent..
    Kira2 ap ini retak ya mas??
    mohon penjelasannya..
    Terima kasih sebelumnya..

    BalasHapus
  4. Saya mengalami retak pada dagu karena kecelakaan dan di obatin dokter hanya di balut perban selama 3 hari, tapi setelah seminggu sakit menyut pada dagu masih terasa apakah dagu saya akan normal kembali..

    BalasHapus
  5. Terima kasih infonya mas, kaki saya bengkak sampai tidak bisa jalan akibat jatuh main futsal, sekarang bingung mau ke tempat urut atau dokter spesialis tulang.

    BalasHapus
  6. Bagaimana obat alami pergelangan tangan retak patah

    BalasHapus