; 𝐀𝐥𝐥𝐞𝐧'𝐬 𝐀𝐝𝐯𝐞𝐧𝐭𝐮𝐫𝐞: Wheelset DT Swiss ARC 1100 DICUT 48 Clincher Carbon Profie 2018

Cari Blog Ini

Kamis, 02 Agustus 2018

Wheelset DT Swiss ARC 1100 DICUT 48 Clincher Carbon Profie 2018



Dengan konsep ROAD REVOLUTION 2018, perusahaan DT Swiss semakin memperbesar market nya di dunia sepeda balap selain memproduksi produk produk OEM lainnya. Untuk saat ini DT Swiss mengeluarkan seri produk road antara lain :

1. Seri Aero : ARC 1100 DICUT, ARC 1400 DICUT dan RRC 2.0 Disc DICUT ( sertifikasi Aerodynamic )

2. Seri Performance (khusus uphill) : PRC 1100 DICUT, PR 1400 DICUT OXIC.

3. Seri Endurance : ER 1400 DICUT 21, ER 1600 DICUT 21 dan E 1800 SPLINE 32.

Untuk saat ini kita akan fokus membahas tipe ARC 1100 DICUT 48 (ukuran profile 48.5mm) dan saat ini saya menggunakan tire merek Maxxis Columbiere 700x25c dengan tekanan angin depan 85psi - 90 psi dan belakang 95psi - 100psi, optimal untuk ban ukuran 25mm.
Perkiraan berat wheelset tersebut adalah  1490 gram jauh lebih ringan dibandingkan kompetitor nya seperti  Zipp 454 NSW 1525 gram.

                                                  Profile ARC 1100 DICUT 48




Saya tidak akan membahas secara spesifik untuk produk ini, saya lebih mengulas ke pemakaian nya, anda bisa membaca lebih detail di website www.dtswiss.com
Untuk saat ini pengetesan wheelset DT Swiss ARC 1100 tidak memakai parameter data ( tidak menggunakan Power Meter sebagai alat ukur ), hanya berdasarkan "feel" dan pengalaman penulis.


Tidak perlu diragukan dari segi stiffness nya ( Rotational, Lateral, Radial dan  Inertia Stiffness), ARC 1100 DICUT 48 non disc clincher (tubeless ready) ini melejit dengan sangat cepat saat disentak / interval, agresif dan lincah bagaikan memakai wheelset profile pendek, tidak liar dan sangat mantap saat speed dipacu di speed 40km ke atas.
SINC Ceramic Bearing (Si3N4) terasa sangat smooth saat dikayuh / loncer

Wilier Cento10 air with DT Swiss ARC 1100 DICUT 48






Begitu juga saat memasuki tikungan dengan kondisi hembusan angin dari arah samping (lokasi Mozia Loops- BSD ) alias "Side Wind" hampir tidak terasa dan stabil.

Bicara kenyamanan saat di jalanan paving block, profile rim ARC 1100 berbentuk U - Rounded profile shape, bentuk profile tersebut sangat nyaman saat melewati jalanan berbatu / keriting.



Seri ARC 1100 di test di Wind Tunnel 



The wind tunnel testing led the team to a number of conclusions that contributed to shaping the final design. According to DT Swiss, up to 25% of the wheel drag comes as a result of the rotational drag. Their finding: the deeper the rims, the less rotational drag: 80 mm rims – 4.13 W / 62 mm deep rims– 4.27 W / and 48 mm deep rims – 4.4 W. External nipples cause 4% more rotational drag than internal ones. The same applies to the spokes too: DT Swiss Aerolite bladed spokes cause 12% less rotational drag than the standard round DT Swiss Champion models.





Hub ARC 1100 menggunakan seri DT240s Dicut dengan 36t rachet system dan SINC Ceramic Bearing (Si3N4) dengan Pro Lock Nipples dan untuk spoke :

Wheel depan memakai spoke DT aerolite® straightpul dan
Wheel belakang dengan spoke DT aero comp® straightpull

Spoke tension berkisar 1000 newton - 1300 newton, kalau dikonversi ke Kilogram - force maka akan ketemu angka kisaran 102kgf - 133kgf, dengan semakin tinggi angka kilogram - force (kgf) spoke tension, maka Lateral Stiffness nya akan semakin baik tapi akan mengurangi segi kenyamanan.

Lateral stiffness is all about side-to-side flex of the wheel from a lateral load – for example, when you climb and rock the bike left-to-right:


Torsional stiffness is concerned with the ‘twisting’ of a wheel – for example, when you accelerate hard in a sprint :

Radial stiffness is concerned with distortion of the wheel under a radial load – for example, a bump in the road:




Bentuk ukuran HUB DT 240s kecil dibandingkan produk kompetitor nya ( wind resistance drag).

DT Swiss 240s di Wheelset ARC 1100


Hub DT Swiss 240s untuk produk OEM













Menurut penilaian pribadi saya sendiri untuk wheelset DT Swiss ARC 1100 DICUT 48 ini hampir sempurna untuk saat ini, salah satu kekurangan di wheelset ini adalah tidak adanya jalur "brake track" seperti di merek kompetitor nya: Enve SES, Zipp, Bontrager xxx.
Jalur brake track di rim sangat penting saat melakukan pengereman di turunan atau saat kondisi hujan dengan grade turunan tajam.
Dengan tidak adanya jalur brake track, ARC 1100 memiliki bobot 35gram lebih ringan dan lebih senyap suaranya dibandingkan produk kompetitor.

Begitu juga dengan kombinasi pembelian dalam 1 paket ARC 1100 antara wheel depan dan wheel belakang memiliki ukuran profile rim yang sama, ukuran 48.5mm (tidak bisa pilih).  tidak seperti merek Enve, dalam 1 paket, wheel depan ukuran profile 48 dan belakang 56 sehingga menghasilkan kombinasi aero yang terbaik. 


Distributor untuk produk DT Swiss - Road saat ini : Built A Bike (BAB) Alam Sutra - Serpong

Semoga bermanfaat...




Tidak ada komentar:

Posting Komentar