; 𝐀𝐥𝐥𝐞𝐧'𝐬 𝐀𝐝𝐯𝐞𝐧𝐭𝐮𝐫𝐞: Telur dan Manfaatnya

Cari Blog Ini

Kamis, 19 April 2012

Telur dan Manfaatnya

Hari ini kita agak santai dengan membahas sesuatu yg sangat sederhana, yaitu : "TELUR", tahukah anda Telur adalah makanan yg sangat bermanfaat bagi seorang "roadiest".

Beberapa hari lalu saya sempat berbincang bincang dengan salah satu calon atlet MTB, dengan dana/budget yang pas pasan, si calon atlet sangat kesulitan untuk berlatih, berlatih agak keras sedikit langsung flu atau demam, ini dikarenakan asupan yang kurang dan pola makan yang kurang terpenuhi.

Pernah saya coba sarankan untuk mengkonsumsi Whey protein setelah berlatih keras, namun sayang budget sang atlet tersebut tidak mencukupi, akhirnya cara terakhir yang digunakan adalah dengan mengkonsumsi 'Telur", setiap pagi setelah selesai latihan, sang calon atlet tersebut singgah ke salah satu toko roti untuk membeli 1kg putih telur untuk dikonsumsi sendiri, murah meriah.



Telur ayam yang paling umum, jenis telur yang digunakan sebagai sumber makanan, meskipun telur bebek dan angsa dimakan juga. Semua bagian dari telur dapat dimakan kecuali cangkang telur, putih telur memiliki nilai gizi yang sangat tinggi.


Alternatif lain yang sangat bagus adalah Telur burung Puyuh :

Daya cerna protein hewani dalam kandungan telur puyuh lebih tinggi dibanding protein hewani lainnya, 100 gram telur puyuh mengandung 13,05 gram protein yang lebih tinggi dari telur ayam maupun telur bebek.

Telur puyuh baik dikonsumsi sebagai nutrisi bagi otak karena mengandung protein, lemak, vitamin dan mineral. Selain itu juga mengandung kolin yang mampu membantu sinyal syaraf pada otak dan memperkuat daya ingat.
Telur puyuh baik bagi kehamilan. Selain karena asupan kolin bagi otak janin, juga mengurangi resiko kematian, bayi cacat dan keguguran.
Kuning telur puyuh mengandung lutein dan zeaksantin yang mampu melindungi mata dan meningkatkan kandungan dua zat tersebut yang ada pada retina mata.
Telur puyuh mengandung zat anti kanker. 
Lutein setiap hari dapat menghambat penuaan hingga 40%, jadi bisa nampak awet muda

Telur dapat disiapkan dalam berbagai cara. Orang-orang yang ingin menghindari sejumlah besar kolesterol dalam kuning telur dapat memisahkan putih dari kuning telur.
Publikasi catatan kesehatan Harvard University, jika Anda prihatin tentang isi kolesterol, makan hanya putih telur, anda akan tetap mendapatkan semua nutrisi penting dan protein yang anda perlukan.
Bahkan jika Anda memilih untuk makan seluruh telur, Anda akan tetap disarankan 300 mg per hari batas kolesterol.

Belakangan ini, telur menjadi kontroversial karena banyak yang mengklaim kuning telor adalah jahat karena mengandung kolestrol (1 buah kuning telor +/- 185mg kolestrol) sehingga jika kebanyakan meng konsumsinya akan mengakibatkan penyakit kolestrol dan cardiovaskular lainnya. Menurut AHA (American Heart Association) merekomendasikan menkonsumsi kolestrol dengan batasan sebesar 300mg sehari. Jadi secara logika maka menkonsumsi 2 telor utuh akan menaikkan kadar kolestrol dalam tubuh kita. Tapi apakah benar ? ternyata jawabannya TIDAK. Karena tubuh kita tidak berfungsi seperti itu. perlu anda ketahui bahwa tubuh kita secara alami perharinya juga memproduksi kolestrol sebanyak 1-2mg (lebih banyak daripada menkonsumsi 5-10 telor sehari bukan) ANEHnya lagi.. jika kita menkonsumsi varian makanan yang mengandung kolestrol seperti telur , tubuh kita dengan sendirinya akan memproduksi lebih sedikit kolestrol , dan jika kita menghindari varian makanan seperti telur, tubuh kita dengan sendirinya akan memproduksi lebih banyak kolestrol. hal ini dikarenakan karena tubuh kita memiliki semacam patokan tersendiri yang di latar belakangi oleh kode genetik, pola latihan anda serta tingkat stress anda.



Sebenarnya kolestrol sendiri memiliki peranan penting bagi tubuh kita, seperti perlindungan dalam sel jaringan otot luar, juga dibutuhkan untuk membantu produksi banyak hormon dalam tubuh kita, dan menurut penelitian , kurang lebih 1000 orang yang dalam dietnya menkonsumsi telur tidak diasosiasikan dengan penyakit kolestrol/ penyakit jantung Kuning telur sendiri banyak mengandung vitamin dan mineral seperti Vitamin A, D, E belum lagi omega 3 di dalamnya, selain itu juga mengandung kalsium, zat besi, fosfor, zinc, thiamin, B6, folate,dan vitamin B12. 

Kuning telur juga sendiri kaya akan zat yang dinamakan choline, lutein dan zeaxanthin.

Choline penting untuk perkembangan fungsi otak dan kardiovaskular kita. menkomsumsinya berarti membantu mengurangi inflamasi, resiko terkena penyakit jantung, diabetes, Alzheimers.

Lutein dan zeaxanthin merupakan antioxidant yang terkandung di dalam telur. Mereka membantu melindungi mata kita dengan menyaring kadar sinar yang masuk ke dalam mata dan juga mengurangi resiko terjadi penyakit degeneratif.

Egg Protein


Egg protein merupakan sumber protein yang kaya BCAA dan L-arginine. Sementara untuk suplementasi, Anda bisa memperoleh bubuk protein dari putih telur. Namun jenis egg protein hanya ada satu saja, yaitu egg white protein powder yang berasal dari putih telur. Konsumsilah sesudah latihan atau diantara waktu makan.

Kesimpulannya adalah sangat baik untuk mengkonsumsikan telur utuh dalam pola diet keseharian kita, mengingat banyak sekali benefit yang dapat kita dapatkan, dan telur memiliki bioavaibility 100% yakni diserap secara sempurna oleh tubuh kita. tetap sangat baik untuk menkonsumsi diet harian secara berimbang, kecuali memang pada para individu yang memiliki keturunan penyakit degeneratif seperti hyperkolestrol dan juga diabetes, dapat berkonsultasi kepada dokter anda untuk lebih presisi lagi agar kita tetap sehat.


Protein

Telur Ayam berisi sekitar 6.3 g protein. Setiap gram protein berisi 4 kalori, 6.3 x 4 = 25 kalori dari protein. Putih berisi 3,6 gram protein, sehingga putih dari 1 telur 3.6 x 4 = 14 kalori dari protein.
Kebutuhan protein (penggemar yg aktif seperti saya), membutuhkan 9 biji telur putih untuk mendapatkan 30gram protein / hari

Lemak

Telur berisi sekitar 4.5 gram lemak, hampir semua yang ada di kuning telur. Setiap gram lemak memiliki 9 kalori, 4,5 x 9 = 41 kalori dari lemak. Lemak jenuh 1 g, dan lemak tak jenuh 3.5 g.

Kalori

Seluruh telur berisi total 66 kalori, yang 41 kalori datang dari lemak dan 25 kalori datang dari protein. Putih berisi 14 kalori. Tidak ada bagian dari telur adalah sumber yang signifikan dari karbohidrat.
Kolesterol, Telur ayam berisi 186 miligram (mg) kolesterol, hampir semua yang berada di kuning telur. Ini adalah 62 persen dari nilai harian (DV) 300 mg untuk kolesterol.
Satu telur juga berisi sekitar 24 mikrogram folat, 0.45 mikrogram, vitamin B-12, 0.2 mg riboflavin, 69 mg kalium dan 0,5 mg vitamin E.
Satu telur memiliki sekitar 126 mg Kolin. Kolin adalah zat yang membantu mempertahankan memori dan melindungi dari kehilangan penglihatan.




Fungsi Telur Ayam Kampung Untuk Kesehatan di antaranya :


* Dapat menyembuhkan penyakit jantung koroner, kencing manis, maag atau usus besar.

* Selain mengandung sumber energi juga mengandung sumber protein yang cukup.
Energi yang dipakai untuk mengganti energi yang digunakan aktifitas dan berfikir sedangkan proteinnya diperlukan untuk mengganti bagian organ yang rusak.

* Mempunyai kandungan kolesterol (pada kuning telur) cukup tinggi.
Bagi yang mempunyai hipertensi atau hiperkolesterolemia (kandungan kolesterol dalam darah yang tinggi) harus hati - hati mengatur konsumsinya.

* Membantu mengatasi kelelahan dan kecapaian tubuh, namun tidak dapat mengatasi seluruhnya karena badan masih membutuhkan waktu untuk mengistirahatkan organ tubuh.


Berbagai macam jenis Telur,

Lebih dari 1,600 kasus terkait telur Salmonella enteritidis dilaporkan antara Mei dan September 2010, catatan FoodSafety.gov, Melindungi diri dari risiko infeksi dan keracunan makanan, Anda harus memasak telur secara menyeluruh, panggang hidangan yang berisi telur sampai mencapai 160 derajat Fahrenheit. 

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar