; 𝐀𝐥𝐥𝐞𝐧'𝐬 𝐀𝐝𝐯𝐞𝐧𝐭𝐮𝐫𝐞: Gran Fondo New York - GFNY Bali 2020

Cari Blog Ini

Kamis, 27 Februari 2020

Gran Fondo New York - GFNY Bali 2020



Jalan yang relatif mulus, panorama alam cantik nan luar biasa, seni budaya dan keramahtamahan masyarakat Bali, memang terlalu indah jika diabaikan.

Itulah yang membuat GFNY Bali menjadi salah satu GFNY paling populer.

GFNY Bali 2020 diikuti 1.300 - 1.800 peserta dari 36 Negara.
                         

Menempuh jarak 134 kilometer untuk Long Distance dan 100 kilometer untuk Medium Distance

 Rute Grand Fondo 134km- Elevasi 2167 mdpl


 Rute Medio Fondo 100km- Elevasi  1389 mdpl
 


Axel Moeller menjelaskan race yang mengusung tema “Be a Pro for a Day” ini merupakan seri kualifikasi untuk GFNY World Championship yang masuk di kalender dunia, The Global Cycling Marathon Series. GFNY Bali merupakan bagian dari GFNY Indonesia. 

Mengapa Bali? Sebagai destinasi wisata unggulan, Bali selalu memiliki magnet kuat bagi para pecinta olahraga bersepeda jarak jauh untuk datang dan datang kembali, baik pesepeda lokal maupun internasional,” jelasnya.


Tanggapan penulis sebagai peserta GFNY Bali 2020
 
Saya sebagai peserta GNFY Bali 2020 merasa sangat puas dengan event ini, jalanan hampir terbilang steril dari kendaraan, setiap persimpangan jalan dijaga dan diatur dengan sangat baik, water station tersedia sepanjang jalan, pemandangan indah dan menarik.

Jalan aspal mulus di pinggir pantai Klungkung, keteduhan dan indahnya panorama gunung dan Danau Batur, kelokan bukit di Kintamani, hingga jalan flat By Pass, akan menjadi rekam jejak kayuhan pedal seluruh peserta GFNY Bali 2020.


Ketua Penyelenggara GFNY Bali 2020, Tenne Permatasari mengatakan salah satu agenda yang disiapkan panitia adalah Tourism and Bike Expo yang dilaksanakan 21-22 Februari 2020 di Hotel Rumah Luwih Beach Resort, Gianyar. Waktu ini juga dimanfaatkan untuk registrasi ulang dan pengambilan race pack. 

Registrasi dan Pengambilan Race Pack


      Bike Expo


Jadi ada 2 penginapan hotel untuk menampung peserta GFNY 2020 : Hotel Luwih Beach Resort - Gianyar dan Hotel Wyndham Tamansari Jivva resort, jarak dari Hotel Luwih ke Hotel Wyndham -/+ 4,8km dan yang menjadi lokasi start / Finish adalah 200 meter dari Hotel Luwih.


  Hotel Wyndham Tamansari Jivva Resort

 

Satu hal yang perlu diketahui bagi peserta yang menginginkan untuk mendapatkan posisi start race di depan adalah saat registrasi harus membeli yang paket VVIP atau VIP (aturan berlaku di seluruh event GNFY dunia).


 
Start Corrals berbeda tergantung dari nomor peserta atau status anda, di area start paling depan akan ada corral kecil untuk peserta VVIP, corral start kedua adalah untuk peserta VIP yang memakai gelang identitas warna merah sedangkan para peserta yang memakai gelang identitas warna hijau akan start di corrals sesuai dengan nomor peserta masing masing, total 1300 an peserta terbagi beberapa corrals dengan waktu start per 2-3 menit per corrals.


Di sinilah kesalahan saya dalam hal membaca rules saat registrasi, karena tidak teliti, saya asal mendaftar saja, alhasih saya mendapatkan nomor 1120, corrals ke dua dari yang paling belakang, bayangkan saat start, Anda harus mengejar pelaton depan dan akan ada delay waktu 2-3 menit untuk masing masing corrals, sepertinya tidak mungkin terkejar, karena pelaton depan terlihat beberapa pasukan atlit yang akan "narik" dengan speed tinggi, kalaupun terkejar, Anda akan kehabisan tenaga saat memasuki area tanjakan, start awal rute flat plus rolling tanjakan grade 5% sekitar 40km, setelah 40km akan memasuki area tanjakan panjang.



Untuk rute tanjakan nya termasuk cukup berat tapi gradiant tidak ada yang terlalu tajam, kalaupun ada, hanya ada 2 tanjakan di atas 12% selebih nya gradiant 5% - 8% tapi panjang, begitu juga dengan gradiant turunan sekitar -4% s/d -5%.


Kombinasi crank depan 39t dengan sproket belakang 34t akan menghasilkan speed dan cadence yang seimbang, sproket belakang 34t dipakai saat otot mulai lelah / kram / recovery, di beberapa area khusus nya saat start awal (40km) pertama, gradiant kurang dari 5%, saya lebih suka memakai crank depan 50 dengan kombinasi sproket 28/26, speed laju , Heart Rate stabil.

Kategori yang di lombakan :

A. Individual Female / Male, usia :

Male / Female 18-39 tahun
Male / Female 40-44 tahun 
Male / Female 45-49 tahun

Male 50-54 tahun
Male 55-59 tahun
Male 60 tahun up 

B. Team Competition : tidak ada batasan jumlah anggota dalam satu regu, podium untuk regu 4 anggota.

Untuk info detail pemenang, silakan Anda browsing di internet GNFY Bali 2020.


Semoga bermanfaat.












 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar